RAHASIA SUKSES JUALAN ONLINE

Rahasia Sukses Jualan Lewat Messanger (BBM, Whatsapp, Telegram)



Aplikasi messenger sepeerta BBM (Blackberry Messenger), Whatsapp, dan telegram merupakan media sosial berbasis chating. Aplikasi ini sudah dikenal luas dikalangan pengguna smartphone. Fitur-fitur yang ada pada aplikasi messenger dapat memfasilitasi pemiliki bisnis online untuk membangun jaringan sehingga peluang untuk terjadi transaksi penjualan semakin besar.

Ketiga Aplikasi messenger tersebut memiliki karakteristik yang hampir sama. Kanapa aplikasi line tidak termasuk? Aplikasi line memiliki karakterisitik yang berbeda terutama fitur untuk jualan online. Jualan lewat aplikasi line akan dibahas secara terpisah.

Berikut ini adalah rahasia bagaimana agar sukses berjualan melalui Messenger (BBM, Whatsapp, Telegram).

1. Gunakan Smartphone dan akun khusus untuk bisnis

Memisahkan perangkat smartphone pribadi dengan smartphone yang digunakan untuk keperluan bisnis tentu sangat disarankan. Pemilik bisnis online akan lebih leluasa melakukan broadcast message atau mengganti display picture. Tetapi jika Anda hanya memiliki satu smartphone maka Anda masih bisa menggunakanya dengan mengubah nama tampilannya menjadi nama toko Anda.

2. Tambahkan kontak sebanyak-banyaknya

Semakin banyak kontak yang dimiliki seorang pebisnis online, maka semakin besar pula kesempatan untuk mempromosikan bisnis online tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan meminta kontak teman-teman atau rekan kerja, atau melakukan browsing di internet.
Lakukanlah langkah ini hingga kontak messenger Anda semakin bertambah banyak jumlahnya. Namun memang adakalanya ketika usaha sudah cukup berkembang atau mungkin Anda sudah mempunyai target market yang jelas, tidak ada salahnya memperhatikan kesesuaian akun messenger yang Anda masukkan dengan bisnis Anda.

Semakin banyak kontak yang Anda tambahkan, semakin besar peluang untuk terjadi pembelian pada produk Anda. Cara mudah untuk menambahkan kontak messenger ialah dengan meminta kontak messenger teman, cari lewat internet dengan bantuan google tentunya, minta bantuan kepada teman untuk broadcast kontak Anda. Anda juga bisa mencari melalui koran atau majalah atau bila melihat ada spanduk di jalan yang ada kontak messengernya langung tambahkan. Lakukan langkah ini hingga kontak messenger Anda penuh, dengan harapan orang yang Anda tambahkan bisa menjadi pelanggan Anda.

Untuk mempercepat mendapatkan daftar kontak yang banyak, di internet ada banyak jasa yang menawarkan database kontak baik BBM maupun no telp. Jika Anda memiliki modal, Anda dapat membelinya.

3. Update status dan ganti display picture secara teratur

Mengganti status atau display picture bertujuan untuk memberikan informasi kepada semua orang yang ada di kontak Anda terutama pada aplikasi BBM karena BBM akan memberikan notifikasi. Gunakan waktu yang tepat agar ketika Anda mengubah status atau display picture, orang akan langsung mengetahuinya. Saat primetime seperti makan siang, sore hari (16:00-18:00) malam hari (20:00-22:00) adalah waktu-waktu dimana orang sedang santai dan banyak menggunakan aplikasi sosial medianya.
Lakukanlah kegiatan ini secara rutin dengan produk-produk yang Anda jual. Hal ini akan membantu dalam memperkenalkan produk Anda kepada teman-teman yang ada pada kontak messenger Anda.

Banyak orang yang gemar membuka recent update ketika sedang bosan atau sedang bersantai di waktu senggang. Recent picture biasanya memuat notifikasi mengenai kontak BBM yang sedang mengganti Display Picture (DP) atau status BBM.
Selain itu, mengganti DP akun messenger bisnis Anda secara teratur akan menunjukkan bahwa bisnis Anda tetap “Exist”. Faktanya, kepercayaan pelanggan akan lebih besar jika mengetahui pengguna akun tersebut terlihat selalu update dan tidak terkesan berhenti.

4. Lakukan Broadcast sewajarnya

Carilah kutipan, berita, tips, gambar yang berkaitan dengan produk yang Anda jual. Kemudian broadcast informasi tersebut secara berkala pada kontak list Anda. Selingi dengan melakukan broadcast iklan produk yang Anda jual. Hal ini sangat penting, untuk menjaga agar kontak messenger Anda tetap setia menjadi kontak Anda. Promosi melalui broadcast merupakan media yang cepat namun Anda harus hati-hati dalam melakukan broadcast. Broadcast juga seringkali diangap mengganggu bagi banyak pengguna messenger. Jika Anda terlalu sering melakukan broadcast justru akan membuat bumerang bagi bisnis Anda. Dihapusnya Anda dari kontak mereka bisa jadi hal yang akan menimpa Anda.

Sementara untuk pelanggan yang sering membeli produk Anda, sesekali berilah broadcast message yang berisi informasi terbaru mengenai produk, promosi, dan diskon yang sedang Anda tawarkan. Sesekali selingi broadcast message tersebut dengan informasi yang fresh dan sudah valid kebenarannya. Lakukan langkah ini secara berkala, namun tidak setiap hari karena bisa mengganggu kenyamanan orang lain. Satu minggu sekali mungkin cukup untuk melakukan broadcast message. Tak perlu sering-sering karena Anda juga telah memberikan informasi produk melalui pergantian DP secara teratur. Ini tentunya masih berhubungan dengan poin sebelumnya.

5. Buat Group Messenger untuk bisnis Anda

Aplikasi messenger (BBM, Whatsapp, Telegram) memeliki fitur untuk membuat group. Buatlah group untuk bisnis Anda. Tujuan dari membuat sebuah group adalah untuk menunjang kelancaran bisnis online serta menjaga loyalitas pelanggan. Anda bisa memberikan informasi melalui group mengenai update produk terbaru. Lakukan komunikasi yang baik untuk meminta izin kepada member grup agar notifikasi grup yang masuk bila mengganggu kenyamanan mereka. Ketika Anda membuat promosi jangan lupa untuk memberikan diskon khusus kepada para pelanggan dan calon pelanggan yang telah bergabung di group Anda.

6. Ikuti Group dari Rekan Bisnis Anda

Mengikuti group dari salah satu atau beberapa rekan Anda akan membuat Anda terhubung dengan banyak orang yang ada di group tersebut. Ini akan memberikan keuntungan tersendiri, banyak orang yang mungkin belum menjadi kontak Anda dapat Anda undang untuk terhubung dengan Anda. Selain itu keuntungan yang lain adalah di group tersebut Anda juga dapat menumpang promosi.

Lakukan pencarian kontak online shop yang sejenis dengan usaha Anda di web, facebook, insagram dan lain-lain. Setelah Anda mendapatkan kontak olshop, join dengan group yang mereka miliki kemudian Anda bisa mengundang semua anggota group tersebut untuk menjadi kontak Anda.

7. Bangun Kepercayaan dan Kejujuran

Setelah Anda memiliki banyak kontak di messenger (BBM, Whatsapp, Telegram) dan Anda juga memiliki group. Hal yang perlu Anda lakukan adalah membangun kepercayaan. Lakukan komunikasi yang baik dengan kontak Anda. Jika terjadi transaksi penjualan, maka mintalah komentar baik dari pembeli Anda. Hasil percakapan yang mengandung testimoni ini dapat Anda capture kemudian sesekali fotonya dapat Anda jadikan sebagai Display Picture (foto profil) Anda. Jika pembeli Anda keberatan untuk digunakan sebagai promosi maka Anda dapat mengedit gambarnya dengan menutup sebagian identitasnya.

Tujuh rahasia sukses jualan online ini merupakan langkah-langkah yang mudah untuk Anda lakukan. Anda cukup melakukanya dengan telaten dan sabar sehingga peluang Anda semakin besar untuk menjual barang Anda.