5 TRIK JUALN ONLINE SUPAYA LAKU


5 Trik Jualan Online Supaya Laku Keras

Apakah anda ingin terjun ke dunia bisnis online? Namun tidak tau bagaimana tips agar barang atau jasa yang anda jual menjadi laku keras? Mungkin semua bisa mengumpulkan modal untuk membangun sebuah bisnis online. Namun tidak sedikit juga yang akhirnya gulung tikar disebabkan karena sesuatu yang mereka jual sepi pembeli bahkan produk yang mereka jual tidak ada yang membeli sama sekali. Apa Sebabnya? Pertama, bisa jadi harga yang kamu tawarkan terlalu mahal. Loh, bukannya ada harga ada kualitas? Hal itu memang benar. Namun sebaiknya prinsip itu berlaku untuk penjualan jasa. Namun jika harga terlampau mahal maka siap-siap saja produk yang Anda jual sepi pelanggan dan bahkan akan kehilangan pelanggan. Menentukan harga sesuai pasaran itu baik, namun jika ingin menentukan harga sendiri pun tidak jadi masalah. Namun apapun itu, harga yang kami tawarkan pastikan sesuai dengan kantong calon pembeli kamu. Dalam artian, tidak terlalu mahal namun jangan juga terlalu murah supaya kamu tidak rugi sendiri nantinya. Faktor kedua, barang yang kamu jual sangat jarang dibutuhkan orang. Maksudnya begini, target pembeli untuk barang yang kamu jual salah sasaran. Ibarat menjual mainan anak yang kini sudah mulai usang atau ditinggalkan dan tidak disukai. Maka dari itu, penting sekali untuk melakukan riset sebelum menentukan barang yang akan dijual. Untuk jualan online, kamu bisa melakukan riset pada marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, ataupun lainnya. Di toko online terbaik tersebut Anda bisa mengetahui apa saja barang yang sering dicari oleh pembeli atau produk terlaris dari masing-masing marketplace tersebut. Atau jika anda mempunyai kemampuan dalam ilmu SEO, maka..

Apakah anda ingin terjun ke dunia bisnis online? Namun tidak tau bagaimana tips agar barang atau jasa yang anda jual menjadi laku keras? Mungkin semua bisa mengumpulkan modal untuk membangun sebuah bisnis online. Namun tidak sedikit juga yang akhirnya gulung tikar disebabkan karena sesuatu yang mereka jual sepi pembeli bahkan produk yang mereka jual tidak ada yang membeli sama sekali.

Apa Sebabnya?

Pertama, bisa jadi harga yang kamu tawarkan terlalu mahal. Loh, bukannya ada harga ada kualitas? Hal itu memang benar. Namun sebaiknya prinsip itu berlaku untuk penjualan jasa. Namun jika harga terlampau mahal maka siap-siap saja produk yang Anda jual sepi pelanggan dan bahkan akan kehilangan pelanggan.

Menentukan harga sesuai pasaran itu baik, namun jika ingin menentukan harga sendiri pun tidak jadi masalah. Namun apapun itu, harga yang kami tawarkan pastikan sesuai dengan kantong calon pembeli kamu. Dalam artian, tidak terlalu mahal namun jangan juga terlalu murah supaya kamu tidak rugi sendiri nantinya.

Faktor kedua, barang yang kamu jual sangat jarang dibutuhkan orang. Maksudnya begini, target pembeli untuk barang yang kamu jual salah sasaran. Ibarat menjual mainan anak yang kini sudah mulai usang atau ditinggalkan dan tidak disukai. Maka dari itu, penting sekali untuk melakukan riset sebelum menentukan barang yang akan dijual.

Untuk jualan online, kamu bisa melakukan riset pada marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, ataupun lainnya. Di toko online terbaik tersebut Anda bisa mengetahui apa saja barang yang sering dicari oleh pembeli atau produk terlaris dari masing-masing marketplace tersebut. Atau jika anda mempunyai kemampuan dalam ilmu SEO, maka bisa melakukan riset keyword menggunakan tools-tools tertentu.

Faktor ketiga, bisa disebabkan karena pelayanan yang dianggap kurang memuaskan. Pembeli sudah pasti kecewa kepada penjual yang tidak ramah kepada mereka. Sikap seorang seller juga menjadi penilaian sendiri bagi buyer apakah memutuskan untuk membeli barang yang dijual ataukah tidak. Sebagai penjual, berikan pelayanan terbaik kepada calon pembeli dalam kondisi dan keadaan apapun.

Di era modern seperti saat ini ada banyak tempat yang bisa kamu manfaatkan untuk berjualan online. Kamu bisa berjualan di sosial media seperti facebook atau instagram, di marketplace seperti bukalapak atau Tokopedia. Dan kamu bisa bisa membuat toko online sendiri. Berikut ini saya akan berikan sedikit tips-tips agar dagangan online kamu menjadi laris manis bahkan Mendapatkan repeat order.
Bagaimana caranya?

1. Tentukan Barang yang Ingin Dijual

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, menjual barang tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Pemilihan barang yang tepat untuk dijual menjadi salah sasaran. Pastikan kamu menjual sesuatu yang benar-benar dibutuhkan oleh target pembelimu. Sebagai contoh, jika target pembeli adalah seorang anak-anak maka jualah produk mainan anak atau pakaian anak.

Jika Anda memilih untuk menjadi reseller, pastikan Anda memilih produk dari marketplace dengan produk-produk unggulan yang laris, hal ini akan membuat produk yang Anda jual juka bakal laku keras, namun Anda bisa menjualnya di tempat lain. Misal Anda mencari produk yang laku keras di tokopedia, bisa Anda jual di facebook.

2. Setelah Saya Sudah Memutuskan Barang yang Dijual Apa yang Harus Saya Lakukan?

Tentu saja melakukan promosi supaya dagangan kamu menjadi laku dan banyak yang membeli. Ingat, belum tentu promosi yang kamu lakukan bakal membuat calon pembeli menjadi tertarik dan akhirnya membeli. Ibaratnya seperti ini, ketika kamu menawarkan makanan kepada orang lain apakah orang tersebut langsung memutuskan untuk menerima tawaran tersebut? Sekali lagi, jawabannya belum tentu.

Maka dari itu kamu harus mempromosikan sesuatu yang kami jual dengan cara cerdas dan tertarget. Dengan begitu kamu lebih mudah mendapatkan pelanggan tetap, bahkan juga pelanggan baru yang bakal meningkatkan pendapatan jualan kamu. Selain itu, pastikan juga kualitas produk selalu dalam keadaan terbaik sehingga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan kepada kita.

3. Jangan Pernah Kecewakan Pembeli

Kekecewaan pembeli bisa membuat bisnis seseorang menjadi hancur? Ya walaupun kamu tidak menipu, namun buruknya pelayanan juga bisa membuat performa bisnis kamu menjadi menurun bahkan gulung tikar. Loh, memang apa hubungannya? Tentu ada, mungkin selama ini tidak terpikirkan olehmu.

Contoh sederhana seperti, pelayanan kamu dinilai buruk oleh pembeli dan ia merasa kecewa. Lantas ketika ia diminta pendapat temannya tentang pengalaman membeli barang di kamu pasti ia mengatakan “pelayanannya sangat buruk sekali”. Jika sudah begini mereka akan berpikir dua kali untuk membeli barang yang kamu jual. Jika omongan ini terus menerus terjadi maka bisa saja jumlah pelanggan kamu bakal berkurang.

Ini hanya soal pelayanan. Bagaimana jadinya jika kamu benar-benar menipu? Jangan, jangan, dan jangan dilakukan. Lebih baik untung sedikit tapi barokah daripada untung besar tetapi hasil menipu. Resiko terburuk, kamu akan dituntut melalui jalur hukum. Jika sudah sampai pada titik ini maka bisnis kamu benar hancur. Bahkan Jack Ma pernah berkata : “Aku pernah ditipu oleh 2 perusahaan. Dan kalian tau apa yang terjadi setelah itu? Kedua perusahaan tersebut kini benar-benar tutup”. Jadi berbisnislah dengan jujur, baik secara online maupun offline insyaallah keberkahan akan selalu datang menghampiri.

4. Amati Juga Kompetitor

Bisnis juga merupakan sebuah persaingan. Apalagi jika sesuatu yang kamu jual sama dengan kompetitor. Kamu tidak perlu menggunakan cara curang dengan menjatuhkan bisnis kompetitor kamu. Tapi cukup dengan meningkatkan value dari bisnis yang kamu jalankan. Jika apa yang kamu tawarkan lebih baik daripada kompetitor maka secara otomatis pembeli akan datang ke kamu.

Selain itu, juga perhatikan bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan kompetitor Anda. Setelah itu, Anda juga harus melakukan pemasaran yang lebih kreatif agar menang dalam penjualan. Silahkan pelajari panduan terbaik digital marketingdan bagaimana menerapkan strategi digital marketing yang tepat di tahun ini.

5. Jangan Pernah Ragu Melakukan Perubahan

Bisnis tidak bisa jika hanya stagnan saja. Kamu juga harus berani melakukan perubahan demi kelancaran bisnis yang sedang dijalankan. Sebagai contoh jika kamu awalnya berjualan di marketplace, maka sekarang cobalah membangun toko online sendiri. Dari hasil penjualan kamu bisa mengumpulkan uang untuk membuat toko online agar benar-benar terlihat profesional.

Memang, toko online bisa saja diperoleh secara gratis. Namun jika kamu menggunakan Veris berbayar membuat semua terkesan lebih baik dan lebih terpercaya. Berjualan di marketplace kamu harus mematuhi aturan yang ditetapkan oleh marketplace tersebut, termasuk soal fee dan juga ongkir. Berbeda terbalik jika berjualan di toko sendiri, maka kamu bebas berjualan tanpa terikat aturan apa-apa.

Tambahan : Anda bisa membuat website toko online dengan WordPress untuk membuat toko online Anda sendiri dan gunakan tema WordPress toko online terbaikuntuk memoles toko online Anda agar terlihat profesional. Memiliki toko online sendiri juga dapat membuat pelanggan merasa percaya bahwa Anda adalah penjual terpercaya. Pastikan Anda membuat toko online dengan nama domain sendiri dan juga menyewa hosting terbaik dan bukan gratisan. Pastikan juga bahwa nama domain Anda aman dengan menambahkan sertifikat SSL agar makin terlihat profesional dan data pelanggan Anda terlindungi.

Ingin jualan online laris manis? Coba terapkan kelima cara di atas. Insyaallah kamu dapat dengan mudah mendapatkan pembeli, bahkan mendapatkan repeat order (order berkali-kali) sehingga pendapatan hasil penjualan meningkat pesat. Segera lakukan sekarang dan jangan ditunda-tunda lagi ya, semoga sukses dan salam enterpreneur!