RAHASIA SUKSES JUALAN MARKETPLACE

10 Tips Sukses Jualan di Marketplace

Setelah Anda mengetahui beberapa marketplace yang ada dan mempelajari bagaimana cara kerja dari masing-masing marketplace serta melakukan pendaftaran pada marketplace, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat meningkatkan penjualan Anda.

1. Penampilan atau display produk

Penampilan atau foto produk menjadi ujung tombak dari penjualan online. Foto harus bisa memberikan gambaran secara detil tentang suatu produk hal ini perlu dilakukan karena pembeli tidak melihat langsung barangnya. Foto produk adalah nyawa dari penjualan online. Gunakan gambar foto asli yang menggambarkan barang yang dijual bukan foto dari google. Foto asli yang Anda buat sendiri akan menyakinkan calon pembeli. Gunakan teknik pengambilan foto yang benar dan pencahayaan yang baik sehingga produk terlihat menarik dan jelas. Gunakan beberapa foto dari sudut yang berbeda. Jika produk memiliki beberapa jenis warna maka unggah semua foto produk dengan warna yang berbeda.

2. Nama Produk harus tepat

Fasilitas yang paling banyak digunakan oleh pembeli adalah search engine. Search engine melakukan pencarian berdasarkan mekanisme SEO maka sebaiknya membuat penamaan produk sesuai dengan SEO. Nama produk sebaiknya tidak terlalu general (umum) tetapi juga tidak terlalu spesifik. Anda dapat menemukan beberapa kata kunci yang menarik melalui tools keyword planer yang disediakan oleh google adwords.

3. Deskripsi Harus Jelas

Di situs marketplace terdapat ribuan produk. Banyak produk yang sama dengan harga yang bersaing. Deskripsi produk yang baik dan jelas akan menjadi daya tarik yang efektif selain itu juga tidak menyebabkan salah faham dengan calon pembeli. Deskripsi produk dapat dilakukan dengan dua paragraf pendek. Paragraf pertama dapat memuat tentang pemakaian atau manfaat produk dan paragraf kedua dapat memuat spesifikasi produk.

4. Berikan Garansi

Memberikan garansi atau jaminan adalah hal yang penting bagi calon pembeli. Jaminan tidak hanya meliputi kualitas barang tetapi juga pengiriman. Anda dapat memberikan asuransi pengiriman barang yang berhubungan dengan ekspedisi. Fsaslitas lain dapat berupa pengembalian atau retur barang jika barang tidak sesuai atau ada kerusakan sehingga tidak perlu ada komplain yang dapat merugikan Anda nantinya.

5. Harga

List harga yang ditampilkan dalam hasil pencarian biasanya diurutkan berdasarkan harga tertinggi atau harga terendah. Menentukan harga jual dapat Anda lakukan dengan mengikuti harga pasar. Lakukan survey terlebih dahulu harga produk yang sama yang dijual oleh penjual lainnya.

6. Memanfaatkan Brand dan Musim

Anda dapat menjual barang-barang dengan brand yang sedang ramai dipasaran. Temukan barang-barang yang sedang tren dan musim pada saat itu. Sebagian marketplace telah menyediakan informasi yang dapat dimanfaatkan penjual untuk melakukan promosi seperti fitur hot list yang berisi produk unggulan dan banyak dicari orang.

7. Memperbanyak Produk yang dijual

Semakin banyak produk yang dijual akan semakin meningkatkan kredibilitas toko online Anda. Selain itu dapat memperbanyak kemungkinan terjadinya transaksi. Tetapi Anda perlu selektif dalam memilih produk yang akan Anda jual. Pilihlah produk-produk dengan kualitas yang baik dan harga bersaing akan membuat calon pembeli tertarik.

8. Pelayanan yang Baik

Ketika calon pembeli memutuskan untuk membeli produk Anda, berikan pelayanan yang baik. Produk yang bagus, kemasan yang rapi, dan pengiriman yang cepat. Pelayanan yang baik ini akan membuat pembeli merasa puas dan mau kembali ke toko Anda. Bangunlah kepercayaan yang baik sehingga pembeli tersebut menjadi pelanggan yang loyal.

9. Perhatian

Setiap terjadi pembelian di toko Anda, maka Anda perlu memberikan perhatian khusus kepada pelanggan Anda. Anda dapat menambahkan kertas ucapan terikasih kepada pembeli pada setiap produk yang dikirim sehingga pembeli merasa mendapat perhatian dari Anda.

10. Membangun Kredibilitas Toko

Membangun kredibilitas toko adalah menunjukan bahwa Anda memperhatikan calon pembeli atau pelanggan Anda. Membangun komunikasi yang baik dengan calon pembeli atau pelanggan Anda adalah hal yang baik. Hal ini dapat dilakukan dengan membalas semua pertanyaan calon pembeli dangan cepat. Meyakinkan calon pembeli dengan baik. Dan menanyakan kepuasan pembeli saat mereka membeli barang And serta. menampilkan testimoni kepuasan pelanggan.