3 KUNCI SUKSES

1. Perencanaan


Kemana arah bisnis saya akan bergerak? Apa yang menjadi tujuan utama dari bisnis saya?
Pertanyaan-pertanyaan dibatas mungkin terlihat sangat biasa,
namun seringkali dilalaikan oleh pemilik bisnis.
Pebisnis seringkali terjun ke sebuah bidang dengan satu tujuan yaitu berhasil.

Akan tetapi, berhasil seperti apa yang diinginkan?
Bagaimana strategi pemasarannya? Siapa target pasar utamanya?

Seringkali pebisnis tidak mengetahui hal ini, namun secara nekat terjun mengikuti arus.
Perencanaan yang matang adalah bagian terpenting guna kelancaran bisnis.

Cobalah untuk rencanakan bagaimana arus bisnis Anda 6 bulan hingga 1 tahun ke depan.
Rencanakan dan observasi juga setiap strategi pemasaran yang dibuat.

Akan tetapi, ingat bahwa Anda tidak perlu membuat sebuah rencana yang terlalu bertele-tele dan rumit, karena masa depan bisnis tidak dapat diprediksi.

Dalam hal ini, Anda cukup membuat sebuah perencanaan kunci dan utama yang bisa dijalankan dan dapat dijadikan patokan bagi pengembangan bisnis kedepannya.

2. Kerja Keras

Rencana sebaik apapun tentunya tidak akan memberikan dampak yang besar bagi perkembangan bisnis Anda bila tidak ada tindakan nyata yang dilakukan.

Seringkali orang berpikir terlalu panjang dalam perencanaan, dan terlalu takut untuk bertindak. Dalam hal ini biasanya dipengaruhi banyak faktor, seperti malas untuk bekerja keras, takut tidak berhasil, dan lain sebagainya.

Anda sebagai seorang pebisnis harus memiliki kepercayaan terlebih dahulu bahwa kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil. Setiap kerja keras yang dibayarkan pasti akan membuahkan hasil yang sepadan.

Contohnya: Apakah Anda mengenal inspirator muda Merry Riana? Jika membaca buku dan belajar dari film beliau, ia menunjukan kerja keras yang begitu ulet tanpa menyerah sedikitpun sebelum menjadi berhasil.

Siapkah Anda mengikuti kerja keras yang dilakukan beliau untuk diaplikasikan ke bisnis Anda? Tidak ada kesuksesan yang didapat dalam satu malam, kerja keras mutlak harus Anda lakukan di masa awal membangun bisnis.

3. Pembelajaran dari Kesalahan

Apakah Anda mengetahui satu tokoh sukses manapun di dunia ini yang tidak pernah melakukan kesalahan? Pastinya hampir semua orang pernah melakukan kesalahan, baik kecil maupun besar.

Kesalahan akan membuat Anda belajar dan mengetahui sesuatu secara lebih mendalam. Contoh: Apabila Anda adalah seorang pebisnis di bidang gadget, kemudian ada orang yang ingin membeli barang dengan utang, walaupun baru kenal Anda tetap memberikan barang dengan metode hutang.

Kemudian, di saat pembeli tidak membayar hutang dan membuat Anda merugi maka pastilah Anda akan lebih berhati-hati dalam memberikan hutang kepada seseorang. Jika tidak hati-hati, hal ini dapat menyebabkan usaha Anda mengalami gulung tikar.

Nah, dari peristiwa ini kita ketahui bahwa pada akhirnya Anda akan belajar dari kesalahan yang ada. Jadi, jangan pernah takut di saat melakukan kesalahan.

Pembelajaran dari praktik dilapangan adalah sesuatu yang mahal harganya. Pastikan Anda belajar dari setiap kesalahan yang dibuat baik secara disengaja maupun tidak.

Nah, sekarang cobalah untuk merenungkan dan tanyakan pada diri Anda. Apakah selama ini Anda telah memenuhi ketiga syarat di atas sebagai seorang pebisnis?

Jika belum, maka mari kita kembangkan lebih lagi. Disaat Anda berhasil mempraktikan ketiga hal di atas, maka bisnis Anda akan bertumbuh dengan sangat cepat pastinya seiring dengan kerja keras yang terus menerus dilakukan dengan terencana. Pastikan Anda konsisten dalam mengambil langkah demi langkah di dalam bisnis.


__________________________________________

Nah, itulah 3 kunci penting untuk jadi pebisnis yang sukses. Apabila kemudian di dalam perjalanan bisnis, Anda membutuhkan modal dalam proses pengembangan, atau hal-hal lain yang mendukung kemajuan dari bisnis Anda, jangan ragu untuk mengeluarkan modal.