RAHASIA SUKSES JUALAN LEWAT LINE

Sukses Jualan lewatLine@

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi messenger line. Line memiliki fitur tersendiri untuk kebutuhan promosi dengan layananya yang disebut dengan Line@ (line at). Line@ adalah layanan baru dari LINE bagi para pemilik dan pengelola bisnis untuk melakukan komunikasi, dan berpromosi. LINE@ menargetkan para pemilik usah baik UKM maupun yang sudah besar.



Banyak online shop yang memanfaatkan media sosial dan messenger sebagai media untuk melakukan promosi dan komunikasi dengan pelanggan atau calon pembelinya. Line@ dapat dijadikan sebagai salah satu media yang sangat bagus sebagai media promosi dan komunikasi karena line@ memiliki fitur yang sangat mendukung.

Secara fungsi line@ berbeda dengan line. Aplikasi line hanya difungsikan sebagai messenger saja dengan fungsi utama untuk mengirimkan pesan baik text maupun gambar. Sedangkan line@ ini digunakan oleh para pemilik usaha untuk melakukan promo pada pengguna line. Anda dapat melakuan instalasi line@ melalui playstore. Jika Anda telah mendaftar maka setelah login Anda akan mendapati tampilan seperti berikut ini.



Line@ memiliki fitur yang lengkap yang sangat menunjang dalam mengelola bisnis online. Berikut adalah fitur-fitur yang ada pada line@.

1. ID Line@

Setiap member baik line maupun line@ memiliki id. Perbedaanya adalah line@ menggunakan karakter @diawal nama idnya. Member line dapat mengatur sendiri id nya setelah melakukan instalasi line sedangkan pada line@ id member akan diberikan secara acak dan otomatis ketika melakukan instalasi dan pendaftaran line@. Id ini diperoleh secara gratis tetapi Id line@ biasanya acak antara huruf dan angka sehingga sulit dikenali. Jika Anda menginginkan ID yang sesuai dengan keinginan Anda, Anda dapat mengatur ID line@ dengan menjadikan id premium. Id premium ini merupakan id berbayar. Biaya untuk id premiun adalah $24 di tahun pertama dan $12 pertahun berikutnya.

2. Friends dan followers

Friends adalah fitur untuk mengetahui siapa saja id line yang berteman dengan Anda. Friends merupakan id yang dengan sengaja Anda tambahkan. Follower adalah fitur untuk mengetahui siapa saja yang mengikuti Anda. Mereka secara sukarela menjadikan Anda sebagai teman. Jumlah followernya bisa jadi jauh lebih banyak daripada jumlah friends.

3. Chat

Menu ini dipakai untuk mengetahui siapa saja yang melakukan chating dengan Anda secara personal. Line@ akan menyimpan semua history percakapan meskipun jumlahnya mencapai ribuan.

4. Home / Beranda

Home merupakan menu yang menampilkan timeline, Anda dapat melihat status yang pernah dipost sebelumnya yang dilengkapi dengan fitur komen dan share lengkap dengan stiker-stiker yang digunakan.

5. Manage

Menu ini adalah menu dengan banyak pilihan submenu diantaranya adalah kelola anggota dan akun, profil, mode balas, pengaturan beranda, halaman akun, kupon, Kartu loyalitas line, toko bisnis, statistik, edit menu tab, beri tahu teman, pemberitahuan, dan bantuan.

Menu kelola anggota dan akun digunakan untuk mengelola anggota dan paymaster. Anda dapat menyertakan beberapa orang untuk mengelola id line@ Anda.

Menu profil ini digunakan untuk mengatur informasi tentang profil id line@ Anda yang berkaitan dengan pesan status, mode balas, pesan pembuka, id pengguna, dan beritahu teman.

Menu mode balas digunakan untuk mengatur mode obrolan, terima pesan saat jawab otomatis, Horario disponible en chats, pesan balas otomatis, pesan balas kata kunci, dan pesan pembuka.

Pengaturan beranda mengatur posting perubahan foto, terima suka atau komentar, suka saja, setujui komentar, dan kata yang difilter.

Halaman akun digunakan untuk desain sampul, pengaturan plugin. Terdapat beberapa plugin yang bisa dipilih seperti timeline, item, foto, lokasi, dan lain sebagainya.

Menu Kupon digunakan untuk membuat kupon yang dapat diposting ke pesan, timeline, atau di tampilkan di halaman akun.

Menu Kartu loyalitas digunakan untuk membuat kartu loyalitas yang dapat diberikan kepada pelanggan sebagai bentuk penghargaan kepada pelanggan.

Menu Toko bisnis digunakan untuk melakukan pembelian paket-paket berbayar seperti id premium dan fasilitas lain dari line@.

Menu edit menu tab digunakan untuk mengatur menu tab yang ada pada halaman utama line@.

Menu beritahu teman digunakan untuk kirim undangan ke LINE dengan menyertakan url id line@ atau kode QR.

Menu pemberitahuan berisi informasi notifikasi.

Menu bantuan berisi penjelasan-penjelasan seputar fasilitas yang ada pada line@ dan cara menggunakaanya.

6. Broadcast / Siaran

Menu ini digunakan untuk melakukan siaran atau broadcast pesan baik berupa pesan text maupun pesan gambar.
Untuk memahami lebih detil dari fitur-fitur yang ada Anda dapat membacanya di bagian bantuan setelah Anda melakukan intsalasiline@.

Line@ memang ditujukan untuk para pengelola bisnis. Bagaimana agar Anda dapat sukses berjualan online malalui aplikasi line@? Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan usaha Anda.

1. Buatlah ID Kembar

Maksud dari menggunakan ID kembar adalah Anda menggunakan id yang sama baik untuk aplikasi line maupun untuk aplikasi line@. Untuk dapat menggunakan id yang sesuai dengan permintaan Anda, tentu saja Anda harus menggunakan id remium. Dengan menggunakan id yang sama maka akun akan lebih mudah diingat dan Anda dapat mengoptimasi akun Anda. Jika ada seseorang yang ingin menambahkan akun line@ Anda tetapi lupa menaruh huruf @ maka ia akan tetapi menambahkan akun line Anda.

2. Menggunakan tanda !

Line dan instagram populer dengan penggunakan tanda hashtag tetapi untuk line @ menggunakan tanda !. Gunakan tanda ! didepan nama akun line@ Anda.

3. Promosikan id line Anda lewat sosmed

Anda dapat menyertakan akun line@ Anda pada setiap postingan di media sosial Anda yang lain seperti facebook dan isntagram

4. Hindari Spaming

Spaming ini yang seperti apa? Jika Anda berlebihan dalam melakukan broadcast promosi sehingga dianggap menggangu pengguna maka hal ini bisa dianggap spaming. Lakukanlah broadcast secara periodik saja sehingga tidak mengganggu orang yang menerimanya.

5. Posting di timeline

Timeline di line@ merupakan sarana yang sangat cocok untuk berbagi postingan seperti tips, foto produk, testimoni, bukti pengiriman, dan lain sebagainya. Berikan postingan yang dapat memberikan nilai promosi secara tidak langsung seperti bukti pengiriman ini akan menunjukan bahwa usaha Anda dipercaya orang dan ada orang yang membelinya.

6. Gunakan Primetime

Primetime merupakan waktu dimana orang-orang sedang santai dan memanfaatkan waktunya untuk melihat perkembangan di sosial media. Waktu primetime ini biasanya adalah jam makan siang (jam 12:00 – 14: 00), sore hari jam (16:00-18:00) atau malam hari diatas jam 20:00. Dengan melakukan broadcast atau posting di waktu primetime akan cukup efektif untuk menarik perhatian orang.

7. Fast Respon

Salah satu pelayanan terbaik dalam bisnis online adalah respon yang cepat. Hal ini penting karena Anda tidak bertemu langsung dengan konsumen. Respon yang cepat menunjukan bahwa Anda profesional dan serius dalam menjalankan bisnis Anda.

8. Diskon dan bonus

Diskon merupakan sesuatu yang ditunggu-tungu oleh calon pembeli. Diskon menjadi sangat menarik jika itu dilakukan secara spesial. Anda dapat menggunakan menu diskon yang ada pada line@ untuk memberikan diskon bagi pelanggan Anda khusus bagi yang menggunakan line.