Pengertian Membaca

A. Definisi Menurut Para Ahli
1. Tampubolon (1993), menjelaskan pada hakekatnya membaca adalah kegiatan fisik dan mental untuk menemukan makna dari tulisan, maupun dalam kegiatan itu terjadi proses pengenalan huruf-huruf

2. Burn, Roy dan ross (1984), membaca merupakan proses penerimaan simbol oleh sensori, kemudian mengintererpretasikan simbol, atau kata yang di lihat atau mempersepsikan, mengenali hubungan antara kata-kata yang di tulis oleh penulis.

3. Tarigan (1985), membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta di pergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan, suatu metode yang dipergunakan untuk berkomunikasi dengan diri sendiri dan kadang-kadang orang lain, yaitu mengomunikasikan makna yang terkandung atau tersirat pada lambang-lambang tertulis.


B. Definisi Secara Umum
Membaca adalah kegiatan fisik atau mental, yang menuntut seseorang untuk menginterpretasikan simbol-simbol tulisan dengan aktif dan kritis sebagai pola komunikasi dengan diri sendiri agar pembaca dapat menemukan makna tulisan dan memperoleh informasi sebagai proses tranmisi pemikiran untuk mengembangkan intelektualitas dan pembelajaran sepanjang hayat.