Keterampilan Membaca
1. Keterampilan yang bersifat mekanik (mechanical skills) yang dianggap berada pada urutan lebih rendah. Aspek ini mecangkup :
•pengenalan bentuk huruf.
•pengenalan unsur-unsur linguistic (fonem/grafem, kata, frase, pola klause,kalimat,dan lain-lain.)
•pengenalan hubungan/ korespondensi pola ejaan dan bunyi (kemampuan menyuarakan  bahan tertulis atau “ to bark at print “ ).
•kecepatan membaca bertaraf lambat.
2.Keterampilan yang bersifat pemahaman  (comperehesion skills) yang dianggap berada pada urutan lebih tinggi. Aspek ini mencangkup :
•memahami pengertian sederhana (leksikal, gramatikal, retorikal).
•memahami signifikansi atau makna (maksud dan tujuan pengarang relevansi/keadaan kebudayaan, reaksi pembaca).
•evaluasi atau penilaian (isi, bentuk).
•Kecepatan membaca yang fleksibel dan disesuaikan dengan keadaan.
•pengenalan bentuk huruf.
•pengenalan unsur-unsur linguistic (fonem/grafem, kata, frase, pola klause,kalimat,dan lain-lain.)
•pengenalan hubungan/ korespondensi pola ejaan dan bunyi (kemampuan menyuarakan  bahan tertulis atau “ to bark at print “ ).
•kecepatan membaca bertaraf lambat.
2.Keterampilan yang bersifat pemahaman  (comperehesion skills) yang dianggap berada pada urutan lebih tinggi. Aspek ini mencangkup :
•memahami pengertian sederhana (leksikal, gramatikal, retorikal).
•memahami signifikansi atau makna (maksud dan tujuan pengarang relevansi/keadaan kebudayaan, reaksi pembaca).
•evaluasi atau penilaian (isi, bentuk).
•Kecepatan membaca yang fleksibel dan disesuaikan dengan keadaan.