2 Rekomendasi Untuk Tips Beriklan
Di antara media sosial yang mengeluarkan fitur untuk beriklan bagi para pebisnis, Facebook masih dianggap unggul sebagai media periklanan untuk meraih pasar konsumen media sosial. Kelebihannya tentu terletak pada jumlah pengguna Facebook yang masif dan juga insight yang diberikan mampu untuk membantu para pemasar menargetkan iklannya dengan lebih efektif dan juga efisien. Meski peluang Anda untuk bisa sukses beriklan di Facebook cukup besar, bukan berarti bisa dilakukan dengan cara sembarangan. Manfaatkan investasi iklan Anda dengan tips-tips beriklan di Facebook yang direkomendasikan oleh para ahli media digital berikut ini.
Manfaatkan Facebook Audience Insights
Tool ini akan sangat membantu Anda dalam menargetkan iklan kepada orang yang tepat ketimbang harus mengeluarkan dana iklan yang lebih banyak untuk memasang iklan pada audiens yang kurang spesifik. Cara kerja tool ini adalah dengan menganalisa data dari Facebook dan memberikan rekomendasi kepada Anda secara spesifik siapa saja yang memiliki peluang lebih besar tertarik dengan kampanye iklan Anda berdasarkan dari orang-orang yang sudah like halaman Facebook brand Anda. Waktu yang Anda habiskan untuk menargetkan iklan akan jauh lebih cepat sehingga Anda bisa fokus pada konten iklan yang lebih berkualitas.
Buat set iklan yang berbeda untuk audiens yang berbeda
Beriklan di Facebook memungkinkan Anda untuk membuat iklan yang berbeda berdasarkan dengan target audiens yang berbeda. Dengan demikian brand Anda bisa tampil pada karakter konsumen yang berbeda tanpa harus menyamaratakannya pada satu iklan yang sama. Meski Anda menjual produk yang sama, namun iklan yang dibuat bisa berbeda tergantung dengan karakter target konsumen yang ingin disasar. Misalnya menjual produk alat dapur di mana targetnya adalah ibu rumah tangga dan juga koki profesional. Gaya iklan yang ditampilkan untuk dua target ini bisa dibedakan agar lebih unik.
Kombinasikan iklan dengan landing page
Landing page adalah halaman khusus pada situs web Anda yang isinya berupa konten kreatif dan berkualitas yang bisa meyakinkan calon konsumen bahwa produk yang Anda jual memang dibutuhkan oleh konsumen. Landing page pada iklan Facebook menjadi penting karena bisa memenuhi kebutuhan audiens akan informasi yang lebih jauh mengenai produk yang Anda jual dan bukannya langsung diarahkan masuk ke halaman penjualan tanpa informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi, fungsi barang, dan sebagainya.
Gunakan foto yang meninggalkan kesan
Memasang iklan di Facebook tidak harus selalu menampilkan produk yang Anda jual. Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas iklan Facebook untuk mengkampanyekan nilai-nilai yang menjadi inti dari brand Anda dengan demikian sebuah komunitas yang bisa terhubung dengan nilai yang brand Anda anut pun bisa terbentuk. Penggunaan foto yang bisa menarik perhatian dan memancing pengguna Facebook untuk klik iklan Anda adalah faktor yang sangat penting bahkan lebih penting dibandingkan konten dalam bentuk teks.
Manfaatkan Facebook Audience Insights
Tool ini akan sangat membantu Anda dalam menargetkan iklan kepada orang yang tepat ketimbang harus mengeluarkan dana iklan yang lebih banyak untuk memasang iklan pada audiens yang kurang spesifik. Cara kerja tool ini adalah dengan menganalisa data dari Facebook dan memberikan rekomendasi kepada Anda secara spesifik siapa saja yang memiliki peluang lebih besar tertarik dengan kampanye iklan Anda berdasarkan dari orang-orang yang sudah like halaman Facebook brand Anda. Waktu yang Anda habiskan untuk menargetkan iklan akan jauh lebih cepat sehingga Anda bisa fokus pada konten iklan yang lebih berkualitas.
Buat set iklan yang berbeda untuk audiens yang berbeda
Beriklan di Facebook memungkinkan Anda untuk membuat iklan yang berbeda berdasarkan dengan target audiens yang berbeda. Dengan demikian brand Anda bisa tampil pada karakter konsumen yang berbeda tanpa harus menyamaratakannya pada satu iklan yang sama. Meski Anda menjual produk yang sama, namun iklan yang dibuat bisa berbeda tergantung dengan karakter target konsumen yang ingin disasar. Misalnya menjual produk alat dapur di mana targetnya adalah ibu rumah tangga dan juga koki profesional. Gaya iklan yang ditampilkan untuk dua target ini bisa dibedakan agar lebih unik.
Kombinasikan iklan dengan landing page
Landing page adalah halaman khusus pada situs web Anda yang isinya berupa konten kreatif dan berkualitas yang bisa meyakinkan calon konsumen bahwa produk yang Anda jual memang dibutuhkan oleh konsumen. Landing page pada iklan Facebook menjadi penting karena bisa memenuhi kebutuhan audiens akan informasi yang lebih jauh mengenai produk yang Anda jual dan bukannya langsung diarahkan masuk ke halaman penjualan tanpa informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi, fungsi barang, dan sebagainya.
Gunakan foto yang meninggalkan kesan
Memasang iklan di Facebook tidak harus selalu menampilkan produk yang Anda jual. Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas iklan Facebook untuk mengkampanyekan nilai-nilai yang menjadi inti dari brand Anda dengan demikian sebuah komunitas yang bisa terhubung dengan nilai yang brand Anda anut pun bisa terbentuk. Penggunaan foto yang bisa menarik perhatian dan memancing pengguna Facebook untuk klik iklan Anda adalah faktor yang sangat penting bahkan lebih penting dibandingkan konten dalam bentuk teks.