Tips Motivasi Diri Untuk Menabung
Tips Motivasi Diri Untuk Menabung

Rp 0

Bintang 0 Ulasan
Terjual : 0 Disukai : 0
Dilihat : 437 Stok : 0
Apakah sekarang ini Anda sedang berjuang untuk mencari motivasi tujuan menabung? Bagi sebagian orang, untuk menentukan tujuan tersebut memang sulit. Apalagi jika dikaitkan dengan tujuan jangka panjang karena seseorang bisa sangat mudah kehilangan fokus dan mulai membelanjakan uang pada hal-hal yang diinginkan sekarang, dan bukannya apa yang diinginkan di masa depan. Untuk tetap memotivasi diri agar bersemangat untuk mencapai tujuan menabung, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan seperti berikut ini.

Motivasi yang Perlu Anda Pegang Untuk Mencapai Tujuan Menabung

1. Tulislah Alasan ‘Kenapa Anda Ingin Menabung?’

Cara terbaik mendapatkan motivasi untuk menabung adalah dengan kembali pada alasan utama kenapa ingin menyimpan uang. Sebagai contoh, mungkin Anda menabung untuk membayar DP rumah. Ini adalah tujuan menabung yang membutuhkan waktu, tergantung dari seberapa banyak uang yang Anda sisihkan tiap bulan sehingga di tengah jalan Anda mungkin mulai merasa kecewa dengan ide tersebut.

Untuk itu, tinjau kembali alasan kenapa Anda ingin membeli rumah. Barangkali karena Anda kini masih tinggal dengan orang tua dan Anda benar-benar sudah tidak bisa lagi menunggu untuk segera memilikinya. Atau, barangkali Anda ingin memulai hidup baru dan tempat Anda yang sekarang tidak mendukung untuk memiliki bayi. Dan yang terakhir, mungkin saja Anda ingin relokasi dan memulai usaha di tempat lain.

Apapun itu, tulisan alasan tersebut dan pastikan Anda terhubung dengannya. Anda perlu mendapatkan jawaban dari pertanyaan ‘kenapa?’ yang membuat alasan tersebut terus berdengung di telinga. Menabung dengan alasan karena itu adalah hal baik yang harus dilakukan tidaklah tepat karena itu tidak cukup kuat untuk memotivasi Anda.

2. Siapkan Batu Loncatan Untuk Tabungan Anda

Terkadang, alasan Anda kehilangan motivasi dan tujuan menabung adalah karena tujuan Anda yang terasa begitu mengintimidasi. Sebagai contoh untuk poin DP rumah. Bila Anda harus menabung Rp100juta – Rp200juta selama 5 tahun, itu tampaknya menjadi sangat mustahil. Tahukah Anda? Sebenarnya itu bukanlah hal mustahil karena ada banyak orang yang bisa mencapai tujuan tersebut dengan cara menabung untuk bisa mendapatkan rumah.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa ‘mengakali’ dan menurunkan jumlah uang DP sebagai ‘batu loncatan’ untuk dapat membantu Anda tetap memiliki motivasi dan tujuan menabung. Daripada ‘membingkai’ tujuan Anda mendapatkan uang Rp100juta dalam 5 tahun, turunkanlah jumlah tersebut dalam porsi bulanan. Dengan demikian, Anda hanya perlu untuk menyisihkan uang sebanyak Rp1,6juta per bulan. Jumlah tersebut sudah tidak terlihat mengintimidasi lagi, bukan?

3. Visualisasikan Perkembangan Tujuan Menabung Anda

Taktik lain yang dapat membantu Anda adalah dengan mem-visualisasikan perkembangan yang sudah Anda lakukan. Saat bulan dan tahun berlalu dan Anda masih berjuang keras untuk menabung, di saat itulah mungkin Anda mulai sedikit kehilangan ‘pandangan’ tentang perkembangan yang sudah Anda buat. Dan ‘acara’ untuk menabung pun menjadi semakin melelahkan dan membosankan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, buatlah visual dalam bentuk diagram atau grafik yang menggambarkan tentang perkembangan yang sudah Anda buat sehingga Anda selalu ingat tentang sudah seberapa jauh Anda berjuang agar bisa mencapai tujuan menabung untuk bisa membeli rumah sendiri.

Untuk bisa terus menjaga kedisiplinan menabung, Anda juga harus selalu mengevaluasi tujuan menabung yang sudah Anda tentukan. Ini penting untuk dilakukan karena bisa jadi ada hal-hal yang berubah dalam hidup. Namun begitu, Anda harus bisa menentukan prioritas Anda sebelum memutuskan atau mengubah kenapa Anda ingin mengubah tujuan untuk menabung.

Belum ada ulasan

Mulai diskusi dengan seller jika Anda memiliki pertanyaan

Belum ada diskusi

Bisnis-3i-Networks

Bisnis-3i-Networks

Lihat Toko

100% Chat dibalas

100% Diskusi dibalas

Masih bingung gimana cara membuat aplikasi di jagel? Website jagel yang baru dapat di akses di jagel.app