Sakit Pinggang
Sakit Pinggang

Rp 350.000

Bintang 0 Ulasan
Terjual : 0 Disukai : 0
Dilihat : 159 Stok : 100
Nyeri panggul adalah nyeri yang sering dikaitkan dengan organ reproduksi internal wanita, tetapi nyeri panggul juga bisa dialami oleh pria karena berbagai sebab.

Nyeri panggul dapat merupakan gejala dari infeksi atau mungkin timbul dari rasa sakit di tulang panggul atau di organ non-reproduksi, seperti kandung kemih atau usus besar. Pada wanita, bagaimanapun, nyeri panggul bisa sangat baik menjadi indikasi bahwa mungkin ada masalah dengan salah satu organ reproduksi di daerah panggu, seperti uterus, ovarium, saluran tuba, serviks, atau vagina.

Penyebab Nyeri Panggul
Apa penyebab nyeri panggul? Berikut kemungkinan penyebab nyeri panggul pada pria dan wanita:

Apendisitis -radang usus buntu
Gangguan kandung kemih
Penyakit menular seksual
Infeksi ginjal atau batu ginjal
Gangguan saluran pencernaan
Kondisi saraf
Hernia
Gangguan pelvis
Patah tulang panggul
Nyeri psikogenik
Kemungkinan penyebab nyeri panggul pada wanita hanya dapat mencakup:

Kehamilan ektopik
Keguguran
Penyakit radang panggul
Ovulasi
Kram menstruasi
Kista ovarium atau gangguan ovarium lainnya
Fibroid
Endometriosis
Kanker rahim
Kanker serviks
Faktor Risiko Nyeri Panggul
Memiliki salah satu gangguan atau riwayat keluarga seperti berikut ini, dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami nyeri panggul:

Endometriosis
Adenomiosis
Fibroid
Penyakit Radang Panggul (PID): Infeksi organ reproduksi wanita, seperti rahim, saluran telur atau indung telur. Paling sering terjadi karena komplikasi penyakit menular seksual yang membahayakan vagina, menyebar secara internal ke rahim dan lokasi lainnya. Ini adalah salah satu komplikasi utama yang dapat dicegah yang dapat menyebabkan infertilitas.
Berikut ini adalah faktor risiko pribadi yang ditemukan peneliti yang dapat meningkatkan peluang seseorang untuk merasakan nyeri panggul:

Sejarah kekerasan fisik atau seksual
Riwayat radiasi atau perawatan bedah ke perut dan panggul
Riwayat kecemasan, depresi atau gejala psikosomatis lainnya
Riwayat keguguran
Infertilitas
Durasi aliran menstruasi yang lama
Gejala Nyeri Panggul
Apa saja gejala nyeri panggul? berikut tanda-tanda atau gejala pada wanita maupun pria:

Memburuknya kram menstruasi
Nyeri haid
Perdarahan vagina, bercak atau adanya discaj (cairan dari vagina)
Buang air kecil nyeri atau sulit
Sembelit atau diare
Kembung atau gas
Buang air besar berdarah
Nyeri saat berhubungan seksual
Demam atau kedinginan
Nyeri di daerah pinggul
Nyeri di daerah selangkangan
Diagnosis Nyeri Panggul
Bagaimana menentukan penyebab nyeri panggul? Untuk menentukan apa yang menyebabkan nyeri panggul, dokter Anda terlebih dahulu akan mengajukan beberapa pertanyaan tentang gejala-gejala Anda dan masalah medis di masa lalu. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin menawarkan tes untuk menentukan apa yang menyebabkan rasa sakit Anda. Tes lain yang dapat diberikan meliputi:

Pemeriksaan darah dan urine
Tes kehamilan pada wanita usia reproduksi
Kultur vagina atau penis untuk memeriksa penyakit menular seksual seperti gonore dan klamidia
Foto sinar-X perut dan panggul
Skrining kepadatan tulang – sinar-X tipe khusus untuk menentukan kekuatan tulang
Diagnostik laparoskopi – prosedur yang memungkinkan melihat langsung struktur di panggul dan perut
Histeroskopi – prosedur untuk memeriksa rahim
Tes feses – memeriksa sampel tinja untuk darah mikroskopis
Endoskopi bagian bawah – penyisipan tabung cahaya untuk memeriksa bagian dalam rektum dan sebagian atau seluruh usus besar
USG – tes yang menggunakan gelombang suara untuk memberikan gambar organ internal
CT scan perut dan panggul – scan yang menggunakan sinar-X dan komputer untuk menghasilkan gambar penampang tubuh.
Mengobati Nyeri Panggul
Pengobatan nyeri panggul bervariasi tergantung pada penyebab, bagaimana intensitas rasa sakit, dan seberapa sering rasa sakit terjadi. Kadang-kadang, nyeri panggul diobati dengan obat-obatan, termasuk antibiotik jika perlu. Jika hasil nyeri dari masalah dengan salah satu organ panggul, pengobatan mungkin melibatkan operasi atau prosedur lainnya. Dokter dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang berbagai perawatan untuk nyeri panggul.

Pengobatan non-bedah
Obat-obatan: Ada sejumlah obat yang dapat diresepkan untuk meredakan nyeri panggul:

Obat penghilang rasa sakit: Ini sering diresepkan untuk membantu mengurangi nyeri panggul, tetapi penting untuk dicatat bahwa mereka tidak akan mengobati penyebab nyeri panggul seseorang, terutama dalam kasus nyeri panggul kronis. Obat penghilang rasa sakit berkisar dari analgesik seperti obat anti-inflamasi nonsteroid (aspirin atau ibuprofen) sampai narkotika yang ditentukan (Vicodin atau Percocet).
Kontrol kelahiran: Ketika nyeri pelvis pasien datang selama waktu yang diketahui dalam siklus menstruasi mereka (ketika kadar hormon yang berbeda naik dan turun), pengendalian kelahiran atau obat hormonal dapat digunakan untuk mencoba mengendalikan proses ini. Ini telah terbukti mengurangi nyeri pelvis wanita dalam beberapa kasus.
Antibiotik: Obat yang diresepkan ini hanya diberikan dalam kasus-kasus nyeri panggul yang disebabkan oleh infeksi untuk mengobati PID.
Antidepresan: Penelitian telah menunjukkan bahwa antidepresan dapat mengurangi nyeri panggul, bahkan untuk pasien yang tidak mengalami depresi. Namun, bentuk obat ini berguna untuk depresi yang sering terjadi pada kasus nyeri panggul kronis.
Pengobatan bedah
Ketika seorang pasien ingin pengobatan untuk nyeri panggul yang disebabkan oleh endometriosis, adenomiosis, fibroid, dan lainnya (sebagai lawan dari infeksi), pembedahan seringkali merupakan metode yang paling disarankan. Pembedahan dapat bervariasi tergantung pada diagnosis pasien:

Pembedahan eksisi laparoskopi: Jika dilakukan dengan baik, teknik bedah ini adalah yang paling luas dalam menghilangkan semua jaringan parut dalam kasus-kasus nyeri panggul yang disebabkan oleh endometriosis dan adenomiosis fokal
Miomektomi: Ini adalah pengangkatan fibroid (pertumbuhan sel yang tidak normal pada rahim), yang pada gilirannya dapat meredakan nyeri panggul
Histerektomi: Prosedur ini melibatkan pengangkatan rahim sebagian atau seluruhnya dan hanya diperlukan pada kasus-kasus nyeri pelvis yang disebabkan oleh adukleosis berat yang menyebar. Histerektomi harus selalu menjadi pilihan terakhir, terutama dalam kasus-kasus nyeri panggul.

s.ds

Belum ada ulasan

Mulai diskusi dengan seller jika Anda memiliki pertanyaan

Belum ada diskusi

Beli
Berhasil ditambahkan!
rediherbal

rediherbal

Lihat Toko

100% Chat dibalas

100% Diskusi dibalas

Masih bingung gimana cara membuat aplikasi di jagel? Website jagel yang baru dapat di akses di jagel.app