Menabung Di Masa Muda Menjadi Senang Di Masa Tua
Menabung Di Masa Muda Menjadi Senang Di Masa Tua

Rp 0

Bintang 0 Ulasan
Terjual : 0 Disukai : 0
Dilihat : 266 Stok : 0
Menjadi tua itu sudah pasti. Setiap orang juga pasti memiliki cara berbeda dalam menikmati hari tua. Ada yang melanjutkan bisnis, ada yang bertani, sampai beristirahat sambil menikmati waktu bersama cucu tercinta. Tapi teryata, di luar sana ada juga orang tua yang masih harus bekerja untuk menghidupi keluarga. Untuk menikmati hari tua dengan penuh bahagia, tentu harus banyak yang dipersiapkan termasuk dana pensiun.

3 langkah mempersiapkan masa tua dengan bahagia

Pensiun dari pekerjaan dan menikmati masa tua dengan bahagia menjadi impian semua orang, termasuk saya sendiri. Saya dan suami memilii rencana saat pensiun untuk menikmati masa tua di kampung halaman sambil bertani, itu yang selalu kami inginkan. Tapi, untuk mewujudkan masa tua seperti yang diinginkan tentu butuh banyak persiapan. Seperti kata nenek dahulu, memiliki uang pensiun dari suami atau dari pekerjaan saja tidak cukup, masih butuh aset lain yang dipersiapkan. Dari aset yang dimiliki, misalkan tanah bisa diolah dan menghasilkan uang. 

Biarpun nenek dan ayah sudah tiada, nasehat-nasehatnya selalu saya ingat. Nenek selalu bilang penting sekali mempersiapkan masa tua, termasuk menyiapkan aset dan dana untuk bisa dinikmati di hari tua. Begitupun dengan nasehat ayah, yang selalu mengingatkan saat sudah bekerja dan menikah usahakan selalu punya dana pensiun, jangan sampai saat tua malah tidak punya apa-apa. Menghasilkan uang bukan hanya dari satu pintu, bisa dari berbagai pintu. Maka dari itu, uang yang kita dapatkan bukan habis percuma untuk isi perut, tapi juga bisa dipersiapkan untuk masa tua. 

Nah, mengingat usia saya juga masih 31 tahun, tentu masih banyak mimpi yang selalu ingin saya wujudkan. Mengingat saya sudah bertemu banyak orang, mendengarkan nasehat untuk mengisi masa tua, maka dari itu saya rangkum menjadi 3 langkah mempersiapkan masa tua dengan bahagia, mulai dari:

1. Menentukan rencana dan tujuan yang jelas

Saat masuk masa tua mau ngapain saja? Tentu banyak mimpi-mimpi yang ingin diwujudkan. Dalam mempersiapkan masa tua, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menentukan rencana dan tujuan yang jelas. Misal membuka toko sederhana, tujuannya selain ada kegiatan, bisnis sederhana, serta membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya.

2. Mempersiapkan dana untuk masa tua

Memiliki rencana indah bersama suami untuk hari tua, tentu butuh banyak persiapan. Mumpung usia masih muda dan aktif bekerja, tentu sebagian dana yang kita dapatkan bisa dipergunakan untuk mempersiapkan masa tua nantinya. Bisa dengan berbagai cari, seperti:

Konsisten menabung sejak dini. Untuk mempersiapkan masa tua, menabunglah sejak dini dengan konsisten. Mau itu perminggu, per 2 minggu, atau bahkan perbulan. Misal ambil 10% dari gaji bulanan yang kita dapatkan. Konsistenlah menyisihkan dari gaji setiap bulannya.

Investasi.  Mempersiapkan dana selanjutnya bisa dengan cara berinvestasi.  Pilihlah investasi untuk jangka panjang, bisa dengan investasi emas, obligasi, saham, hingga reksadana.

Dana pensiun. Salah satu cara mempersiapkan dana bisa melalui Dana Pensiun Lembaga Keuangan, yang merupakan dana pensiun yang dibentuk oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa untuk menyelenggarakan program pensiun iuran pasti bagi perorangan, baik karyawan maupun pekerja mandiri yang terpisah dari Dana Pensiun Pemberi Kerja bagi karyawan bank atau perusahaan asuransi jiwa yang bersangkutan. 

Bisnis. Mempersiapkan dana apensiun bisa dengan memulai bisnis sejak dini yang bisa menjadi sumber pemasukan di kemudian hari.


3. Memiliki Aset

Dalam berumah tangga dan bisa menghasilkan banyak uang, jangan hanya digunakan untuk belanja-belanja atau menghabiskan untuk sesuatu yang tidak penting. Alangkah baiknya bisa dipergunakan dan disisihkan uttuk memilih sejumlah aset, baik itu aset produktif dan aset konsumtif. Untuk aset konsumtif ini nilainya akan mengalami penyusutan setiap tahunnya. Yang artinya tidak akan bertambah, seperti mobil atau motor yang harganya akan turun setiap tahun. Sedangkan aset produktif ini sifatnya akan memberikan nilai tambah atau menghasilkan dan sangat baik untuk investasi jangka panjang, misalnya saja tanah dan properti. 

Sebenarnya neh, mobil juga bisa masuk aset produktif, asalkan bisa bernilai, misalkan direntalkan atau digunakan untuk usaha, itu bisa masuk aset produktif. Nah, tinggal kita saja yang pinter-pinter deh untuk memilih aset mana saja yang akan dimiliki, sehingga bisa bermanfaat di masa depan.

Itulah 3 langkah dalam mempersiapkan masa tua yang bahagia. Dengan mempersiapkannya sejak dini, bisa membuat kita lebih tenang. Yang pasti seh bisa mengatur keuangan dengan sebaik mungkin. Suatu pekerjaan dengan gaji besar belum tentu akan membuat kaya dan aman saat pensiun, karena semua berhubungan dengan gaya hidup. Kalau gaji besar dan gaya hidup juga tinggi, tentu hasilnya pun tidak akan memuaskan. Dengan mengelola keuangan sebaik mungkin, menjadikan bahagia di massa depan. Aset, tabungan dan investasi juga nantinya bisa dipergunakan untuk masa depan yang lebih baik saat kita sudah masuk masa pensiun.

Semoga Anda akan berbuat segera.
Segera hubungi Agen kami.

Belum ada ulasan

Mulai diskusi dengan seller jika Anda memiliki pertanyaan

Belum ada diskusi

Bisnis-3i-Networks

Bisnis-3i-Networks

Lihat Toko

100% Chat dibalas

100% Diskusi dibalas

Masih bingung gimana cara membuat aplikasi di jagel? Website jagel yang baru dapat di akses di jagel.app