Mata silinder
Mata silinder

Rp 350.000

Bintang 0 Ulasan
Terjual : 0 Disukai : 0
Dilihat : 176 Stok : 100
Mata silinder adalah kesalahan pembiasan pada mata dan bukan merupakan penyakit mata atau penurunan kesehatan mata. Mata silinder atau astigmatisma adalah masalah pada kemampuan mata untuk memfokuskan cahaya. Mata silinder adalah kondisi mata yang sering terjadi dan biasanya dikoreksi dengan kacamata, lensa kontak, atau operasi.

Silinder disebabkan oleh mata yang tidak benar-benar bulat sempurna dan terjadi hampir di semua orang. Untuk masalah penglihatan karena silinder, penggunaan kacamata, lensa kontak, dan prosedur koreksi pengelihatan lainnya dapat menjadi penanganan untuk kasus ini.

Mata seseorang secara alami berbentuk seperti bola. Dalam keadaan normal, ketika cahaya memasuki mata, cahaya akan membias, atau membelok secara rata dan terarah untuk menciptakan pandangan yang jelas dari objek.

Mata seseorang dengan mata silinder berbentuk tidak bulat sempurna, atau bisa jadi permukaannya seperti bola sepak yang tidak terlalu rata, atau punggung sendok.

Pada orang mata silinder, ketika cahaya memasuki mata, cahaya akan dibiaskan lebih dari satu arah, sehingga hanya sebagian objek mampu difokuskan bersamaan. Benda pada jarak tertentu dapat muncul secara kabur dan bergelombang, bahkan penderita tidak mampu melihat garis lurus.

Penyebab Mata Silinder
Apa penyebab mata silinder?

Mata silinder adalah faktor alami yang sering menyebabkan penglihatan kabur karena benda yang dilihat terdistorsi. Hal ini biasanya berhubungan dengan bentuk kornea yang tidak sempurna. Penyebab pasti belum diketahui.

Mata silinder terjadi ketika ada kelengkungan kornea yang tidak teratur, lensa, atau keduanya.

Kornea adalah lapisan jaringan transparan yang menutupi bagian depan mata. Ini mentransmisikan dan memfokuskan cahaya ke bagian belakang mata sambil melindungi mata dari infeksi dan kerusakan. Kornea yang lengkung sempurna dapat membengkokkan, atau membiaskan cahaya dengan benar saat memasuki mata.

Pada seseorang dengan astigmatisma, kornea sering berbentuk telur dengan dua kurva yang berbeda daripada bulat sempurna. Ini kadang-kadang dikenal sebagai astigmatisme kornea.

Astigmatisma adalah gejala penyimpangan dalam membentuk bayangan pada lensa mata seseorang. Adanya dua kurva yang berbeda membuat sinar cahaya akan fokus pada dua titik pada retina, bukan satu.

Ini menyebabkan pandangan kabur dan terkadang penglihatan ganda, jika mata silinder parah. Tidak jelas mengapa beberapa orang dilahirkan dengan kornea yang tidak melengkung dengan benar, tetapi mungkin ada komponen genetik.

Persentase yang lebih tinggi dari bayi yang lahir prematur memiliki mata silinder, dibandingkan dengan mereka yang lahir lebih dekat dengan jangka waktu mereka. Jenis operasi tertentu atau cedera mata yang menyebabkan jaringan parut pada kornea dapat menyebabkan mata silinder.

Keratoconus adalah gangguan degeneratif dari mata di mana kornea secara bertahap menipis dan berubah menjadi bentuk yang lebih berbentuk kerucut. Ini dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai mata silinder irreguler.

Gejala Mata Silinder
Apa saja gejala mata silinder?

Orang dengan silindris seringkali tidak menyadari memiliki penglihatan kabur sehingga seringkali berujung pada kelelahan mata. Oleh karena itu, perlu dipahami seperti apa ciri-ciri mata silinder.

Penderita silindris perlu menjadwalkan pemeriksaan mata jika gejala mulai terasa, seperti objek pengelihatan yang berbayang, pusing, dan mata seringkali lelah setelah melihat jarak dekat maupun jauh.

Berikut ini adalah tanda dan gejala astigmatisme:

Penglihatan kabur atau terdistorsi di semua jarak
Sakit kepala
Terlalu banyak menyipitkan mata
Ketegangan mata, terutama ketika mata harus fokus untuk waktu yang lama, seperti membaca dari kertas atau monitor komputer
Kesulitan mengemudi di malam hari
Seseorang dengan gejala-gejala ini mungkin tidak memiliki mata silinder, tetapi itu adalah ide yang baik untuk melakukan tes mata untuk memeriksakan.

Diagnosis Mata Silinder
Bagaimana mendiagnosis mata silinder?

Dokter mata dapat mendiagnosa silindris dengan pemeriksaan mata menyeluruh. Silinder mungkin terjadi dengan masalah penglihatan lainnya seperti mata minus atau mata plus. Karena silinder dapat meningkat secara perlahan, Anda harus mengunjungi dokter mata setiap kali merasa ada perubahan dalam pengelihatan.

Mengobati Mata Silinder
Bagaimana pengobatan mata silinder?

Hampir semua “normal” tingkatan mata silinder dapat dikoreksi dengan kacamata yang diresepkan dengan benar atau lensa kontak yang diresepkan dengan benar.

Khusus orang dengan mata silinder dalam tingkat yang ringan, lensa korektif mungkin tidak diperlukan sama sekali, asalkan tidak ada kondisi mata lain seperti mata minus atau plus. Jika tingkat silinder sedang sampai tinggi, kacamata korektif atau lensa kontak mungkin diperlukan.

Silinder juga dapat berhubungan dengan kondisi abnormal yang memengaruhi kornea, misalnya keratoconus, namun hal ini jarang terjadi. Bila terjadi, kondisi ini lebih efektif diobati dengan lensa kontak permeabel gas kaku atau prosedur kornea.

Lensa korektif
kacamata atau lensa kontak. Koreksi mata silinder biasanya akan mudah dilakukan dengan pemakaian kacamata atau lensa kontak lunak khusus yang disebut lensa toric, dapat diresepkan. Lensa toric lunak memiliki kekuatan-lipatan cahaya yang lebih besar dalam satu arah daripada yang lain.
Pilihan lain, terutama untuk Silindris yang berat, adalah lensa kontak kaku gas-permeable. Setelah melakukan berbagai tes, dokter mata akan menentukan resep ideal untuk mata silinder.

Operasi bias
Metode lain untuk mengoreksi mata silinder adalah mengubah bentuk kornea melalui operasi mata bias atau laser. Ada lebih dari satu jenis bedah refraktif, dan perawatan khusus dianjurkan secara individual. Operasi bias membutuhkan mata yang sehat bebas dari masalah retina, bekas luka kornea, dan penyakit mata.

Semakin majunya teknologi, sangat disarankan untuk mencoba semua pilihan dan kemungkinan alternatif sebelum memutuskan operasi bias.

Belum ada ulasan

Mulai diskusi dengan seller jika Anda memiliki pertanyaan

Belum ada diskusi

Beli
Berhasil ditambahkan!
rediherbal

rediherbal

Lihat Toko

100% Chat dibalas

100% Diskusi dibalas

Masih bingung gimana cara membuat aplikasi di jagel? Website jagel yang baru dapat di akses di jagel.app