Pilihan Wisata Halal Palembang

1. Kampung Wisata Al Munawar
Alamat : Lorong Al-Munawar No.13, 13 Ulu, Seberang Ulu II, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30115
Kawasan ini dihuni masyarakat keturunan Arab. Ragam budaya masyarakat Arab berkembang baik di sini. Uniknya, budaya itu mampu menyatu dengan budaya lokal, keindahan arsitektur rumah panggung yang berusia lebih dari 250 tahun serta kuliner ala Timur Tengah yang dipadu dengan kopi khas Kampung Al Munawar

2. Masjid Agung SMB II
Alamat : Jl. Jenderal Sudirman, 19 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30111
Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang ini dapat dijadikan contoh konservasi bangunan kuno peninggalan kejayaan masa lalu namun tetap mengakomodir kebutuhan ummat masa kini. Bangunan asli Masjid ini tetap dipertahankan dalam bentuk aslinya. 
Usia nya yang sudah lebih dari dua abad justru menjadikan masjid ini begitu berkharisma dan dicintai. Berkunjung dan sholat di bagian asli Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II ini sedikit mengobati kerinduan akan kejayaan kesultanan Palembang di masa lalu.

3. Masjid Ceng Ho
Alamat : 15 Ulu, Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30267
Masjid Cheng Hoo dengan gaya bangunan khas Tionghoa ini menjadi bukti sejarah bahwa bangsa China sangat erat kaitannya dengan Islam.
Masjid ini dijadikan tempat ibadah dan juga objek wisata favorit di Palembang. Masjid Cheng Hoo ini berada di kawasan Jakabaring, dekat dengan pusat perhelatan Asian Games 2018 diselenggarakan.
Masjid ini dapat menampung sekitar 600 jemaah dalam sekali sholat dan terdiri dari 2 lantai. Lantai pertama digunakan untuk jemaah laki-laki, dan lantai dua digunakan khusus untuk jemaah wanita.

4. Wisata Religi Al-Quran Raksasa
Alamat : Jl. Moh. Amin, Gandus, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30149
Bukan tanpa alasan, objek wisata religi ini disebut Alquran Wisata religi muslim.
Sebab, Terdapat 30 juz ayat suci Al-Quran yang berhasil dipahat/diukir ala khas Palembang dalam lembar kayu dan menghabiskan kurang lebih 40 meter kubik kayu tembesu dengan biaya tidak kurang Rp 2 miliar, dimana masing-masing lembar ukuran halamannya 177 x 140 x 2,5 sentimeter dan tebal keseluruhannya termasuk sampul mencapai 9 meter.
Al-Quran yang terdiri dari 630 halaman ini juga dilengkapi dengan tajwid serta doa khataman bagi pemula. Setiap lembar terpahat ayat suci Al-Quran pada warna dasar kayu coklat dengan huruf arab timbul warna kuning dengan ukiran motif kembang di bagian tepi ornamen khas Palembang yang sangat indah di pandang dan enak dibaca. Proses pembuatannya sendiri memakan waktu relatif lama, sekitar tujuh tahunan.