PROFIL SEKOLAH

TK Negeri Pembina Kabupaten Nganjuk merupakan lembaga pendidikan Taman Kanak – Kanak Negeri milik Pemerintah yang berlokasi di JL. Mayjen sungkoino no 34, Kelurahan Kauman, Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk, Propinsi Jawa Timur
Sejarah TK Negeri Pembina Nganjuk didirikan pada tanggal tahun 1995 dan diresmikan pada tanggal 10 juni 1996 oleh Gubernur Jawa Timur Bapak Basofi Sudirman, di tandai dengan penandatanganan pada prasasti yang trbuat dari batu marmer yang berbentuk segi empat posisi miring yang diletakan pada halaman depan sebelah kiri bangunan gedung TK. TK Negeri Pembina Kabupaten Nganjuk sebagai model atau contoh bagi TK-TK lain yang ada di Kabupaten Nganjuk baik proses pembelajaran maupun dari segi sarana dan prasarananya. Dalam rangka meningkatkan fungsinya TK Negeri Pembina Nganjuk perlu menyusun profil tk untuk mengetahui isi dan kegiatan TK selama terus menerus sebagai dasar undang-undang republik indonesia No 23 Tahun 2003 tentang system Pendidikan nasional bagian ketujuh Pendidikan Anak Usia Dini pasal 28 ayat 3. pendidikan anak usia dini pendidikan formal berbentuk Taman Kanak-Kanak ( TK ). Roudatul Alfal ( RA ) atau bentuk lain yang sederajat. PP No. 27 tahun 1990 tentang pra sekolah, Bab II tentang tujuan pendidikan pra sekolah pasal meletakan dasar kearah perkembangan, sikap, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkunganya dan untuk pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya. Bab VIII Tentang Tenaga Pendidik pasal 14 ayat 1 : guru taman kanak-kanak merupakan Tenaga Pendidik yang memiiki kualifikasi sebagai guru taman kanak-kanak, ayat 2: anggota masyarakat yang memiliki kemampuan tertentu dapat membantu guru dalam menyelenggarakan kegiatan belajar sambil bermain.
Tujuan dari profil adalah sebagai berikut :
Untuk mengetahui struktur organisasi, lokasi, sejarah, dan kegiatan belajar mengajar serta sarana dan prasarana yang ada dan pelaksanaan, visi misi dalam kegiatan yang ada di TK Negeri Pembina Nganjuk
TK Negeri Pembina Nganjuk terletak di JL. Meyjend Sungkono 34, Kelurahan Kauman, Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk yang didirikan pada tahun 1995, diresmikan pemakaianya pada Tanggal 10 Juni 1996 oleh Gurbenur Jawa Timur Bapak Basofi Sudirman, ditandai dengan penandatangan pada prasasti yang terbuat dari batu marmer yang berbentuk segi empat posisi miring yang di letakan pada halaman depan sebelah kiri bangunan gedung TK. Pada saat itu jumlah murid atau siswa sangant sedikit dan di asuh oleh 3 guru, 1 kepala TK, 1 TU, dan 1 penjaga sebagai pelengkap.
Sarana da prasarana dari pemerintah sangat minim sekali, para guru dan staf lainya di tuntut bekerja keras untuk mencapai sempurna dan maju. TK Negeri Pembina Nganjuk merupakan satu-satunya TK Negeri yang ada di Kabupaten Nganjuk adalah sebagai TK contoh untuk TK lain yang ada di Nganjuk, anggapan masyarakat banyak TK Negeri adalah TKnya orang kaya sehingga bagi mereka yang merasa kurang mampu tidak berani mendaftarkan anaknya, padahal anggapan itu tidak benar.
Dengan berjalanya waktu tahun 2000 murid semakin bertambah, akhirnya tahun 2004 diikuti tambahnya jumlah rombel tadinya 3 kelas tamabah 1 rombel lagi menjadi 4 rombel/kelas. Para guru mulai tahun 1996-2000 tidak ada yang tetap artinya silih berganti karena mendapatkan jabatan baru sebagai pengawas maupun pindah ke tk yang lain. Prestasi yang diraih siswa-siswi TK, Guru, dan Lembaga selalu meningkat dari tahun ke Tahun bahkan pada Tahun 2005 seorang Guru bisa meraih juara 3 lomba pembuatan alat peraga mengajar di Tinggkat Nasional, prestasi terakhir yang diraih guru adalah juara 3 tingkat Propinsi Jawa Timur.